Swiss Memulai Vaksinasi Corona Pertama dengan Vaksin Pfizer

Seorang perempuan berusia 90 tahun di kanton Lucerne pada Rabu menjadi orang pertama di Swiss yang divaksinasi dengan vaksin Pfizer, ketika militer Swiss mendistribusikan gelombang pertama dari 107.000 dosis vaksin Covid-19 di seluruh negeri.

Lucerne dan kanton pedesaan Appenzell Innerrhoden adalah yang pertama di antara 26 kanton Swiss yang memulai inokulasi setelah regulator menyetujui vaksin dari Pfizer-BioNTech pada hari Sabtu.

Dosis vaksin awal akan diberikan untuk menyuntik orang-orang yang rentan, termasuk mereka yang berusia di atas 75 tahun dan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit rentan.

“Penduduk lanjut usia akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin,” kata Lucerne pada Rabu, dilaporkan Reuters, 24 Desember 2020. Kanton itu mengatakan pihaknya berharap populasi umum divaksinasi pada akhir 2021.

Ketika vaksin Covid-19 telah disetujui dalam waktu singkat, permintaan melampaui kemampuan produksi, dan persediaan yang sedikit hanya cukup beberapa bulan di tengah lonjakan gelombang infeksi kedua.

Perempuan di Lucerne yang menerima suntikan pertama vaksin Pfizer itu tinggal di panti jompo. Namanya tidak diungkapkan.

Sistem pemerintahan Swiss yang ter-desentralisasi telah menyerahkan kepada kantonnya untuk mengembangkan rencana individu untuk memvaksinasi negara berpenduduk 8,6 juta orang itu, meskipun militer membantu logistik.

Zurich, negara bagiam dengan populasi terbesar, menjadwalkan vaksinasi pada 4 Januari.

Inggris mulai memvaksinasi warganya awal bulan ini, dan Amerika Serikat juga memberikan persetujuan darurat untuk suntikan dari Pfizer/BioNTech dan Moderna.

Swiss, yang telah mengucurkan 400 juta franc Swiss atau Rp 6,4 triliun untuk membeli vaksin, memiliki kontrak dengan Pfizer dan BioNTech untuk mendapatkan 3 juta dosis, cukup untuk memberi 1,5 juta orang dua suntikan dengan jarak tiga minggu.

Secara keseluruhan, Swiss telah memesan 15 juta dosis vaksin corona, termasuk dari Moderna dan AstraZeneca, yang vaksinnya masih dalam peninjauan.

Sumber:

https://uk.reuters.com/article/uk-health-coronavirus-swiss-vaccine/ninety-year-old-woman-first-in-switzerland-to-get-covid-19-shot-idUKKBN28X1DX

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *