Ini Langkah Merawat AC Mobil

BERITAPALANGKARAYA.COM – AC merupakan fitur pendingin yang wajib ada di mobil-mobil keluaran terbaru saat ini. Selain memiliki fungsi mendinginkan kabin, ketika hujan, embusan udara dingin AC membantu menghilangkan embun dari kaca mobil. Mengingat pentingnya fungsi AC pada mobil, yuk simak cara perawatannya.

Seperti dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada 6 langkah merawat AC mobil, mulai dari menjaga kebersihan kabin mobil, hingga melakukan servis berkala kendaraan secara rutin. Berikut penjelasannya:

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Kabin mobil yang kotor dan berdebu dapat mengganggu kebersihan AC. Kondisi ini dapat menyebabkan AC jadi tidak dingin dan udara yang diembuskan juga menjadi tidak sehat karena kotor. Apalagi mengingat AC menggunakan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil untuk didinginkan secara berulang-ulang.

2. Hindari Membuka Kaca Mobil saat Berjalan

Kondisi tertentu seperti ketika membayar tol atau parkir membuat kamu wajib membuka kaca mobil, dan itu tidak bisa dihindari. Segera tutup kaca mobil setelah urusan selesai sehingga kotoran tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil. Usahakan untuk tidak membuka kaca jika tidak ada kepentingan. Perlakuan ini juga membuat kabin tetap sejuk dan kerja AC tidak terlalu berat karena udara di dalam mobil selalu dingin.

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Aroma tidak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan dan akan menempel di berbagai sudut kabin mobil. Asap rokok juga mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC sehingga udara dan aroma tidak sedap dari nikotin yang berbahaya bagi kesehatan akan bercampur dengan udara pendingin kabin. Selain itu, asap rokok akan menempel di filter kabin atau filter AC yang menyaring udara dari AC mobil sehingga memperpendek usia pakainya, bahkan juga dapat memicu kerusakan.

4. Selalu Bersihkan Filter AC Mobil

Filter AC mobil atau ada yang menyebutnya sebagai filter kabin merupakan penyaring udara yang dipakai untuk mendinginkan kabin mobil. Posisi filter AC biasanya berada di dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi ini rentan kotor, makanya kamu harus memastikan kebersihan filter AC untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil supaya tetap segar dan bersih. Apabila AC sudah tidak terasa segar dan kurang nyaman, kamu disarankan berkonsultasi kepada Service Advisor bengkel resmi.

5. Gunakan Pengharum Mobil yang Sesuai

Aroma wangi yang keluar dari pengharum mobil belum tentu cocok untuk semua orang. Untuk amannya, gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat. Selain itu, pemilihan pengharum ruangan yang tidak sesuai dapat membuat AC cepat kotor dan merusak interior mobil seperti meninggalkan bercak noda. Jenis bahan pengharum mobil juga perlu mendapat perhatian khusus, karena bila salah pilih terdapat kandungan kimia di bahan pengharum yang malahan mengotori kondensor AC.

6. Selalu Lakukan Servis Berkala

Servis berkala memastikan kondisi mobil selalu prima, baik mesin, kaki-kaki, hingga pendingin kabin. Tujuannya supaya kamu merasa nyaman selama dalam perjalanan karena seluruh fitur mobil, termasuk AC mobil, berfungsi dengan baik dan optimal. Lakukan servis berkala sesuai buku panduan perawatan kendaraan yakni setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Source: detik.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version