Ternyata Ini yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Vaksin Booster

BERITAPALANGKARAYA.COM – Vaksin booster COVID-19 telah mulai diberikan sejak pertengahan Januari 2022 sebagai salah satu perlindungan dalam menghadapi varian Omicron.

Vaksin booster adalah suntikan vaksin dosis ketiga yang diberikan untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus corona penyebab Covid-19.

Syarat penerima vaksin booster adalah orang berusia 18 tahun ke atas, yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 lengkap atau vaksin COVID-19 dua dosis minimal tiga bulan.

Berikut hal yang tidak boleh dilakukan atau pantangan setelah vaksin booster COVID-19:

Merokok dan Minum Alkohol
Merokok dan minum alkohol bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga ada kemungkinan respons imun terhadap vaksin tidak efektif bila ada alkohol berlebihan dalam sistem tersebut.

Selain itu, merokok dan minum alkohol juga bisa memperburuk efek samping yang terjadi. Itulah mengapa dianjurkan untuk menghindari dua kegiatan tersebut setelah menerima vaksin booster.

Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat
Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti mengangkat beban, setidaknya selama 2-3 hari setelah menerima vaksin booster, karena tubuh memerlukan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin booster

Mengabaikan Protokol Kesehatan
Meskipun sudah mendapatkan vaksin booster, bukan berarti kebal dari virus Corona dan berbagai variannya. Tidak ada vaksin yang memiliki tingkat efektivitas 100 persen, bahkan setelah divaksinasi, tapi kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan.

Vaksin booster hanya melindungi dari risiko rawat inap, kematian dan penyakit serius akibat COVID-19.

Jadi, penting untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga jarak dengan orang lain.

Menunda Berbicara dengan Dokter
Jangan tunda untuk berbicara dengan dokter bila mengalami gejala COVID-19, bahkan setelah vaksin booster. Ingatlah, vaksinasi memerlukan beberapa saat untuk mulai bekerja, dan baru akan mengembangkan kekebalan beberapa minggu setelah vaksin.

Sementara efek samping seperti nyeri dan ketidaknyamanan pada lengan atau kelelahan wajar terjadi setelah vaksin. Biasanya kondisi tersebut bisa mereda dalam beberapa hari. Segera bicarakan dengan dokter bila kamu mengalami efek samping yang parah atau tidak kunjung mereda.

Source: detik.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version