Memasuki Musim Penghujan, Ini Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat

BERITAPALANGKARAYA.COM – Beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di Indonesia tengah diguyur hujan. Bagi kamu para bikers yang harus mengendarai sepeda motor di jalan raya, jangan lupa untuk selalu sedia jas hujan.

Jas hujan saat ini sudah banyak dijual, harganya pun beragam dari belasan ribu hingga mencapai ratusan ribu. Namun, yang paling penting cek terlebih dahulu kualitasnya, agar jas hujan bisa nyaman digunakan dan tetap awet.

Berikut merupakan tips untuk memilih jas hujan yang tepat!

1. Jangan Membeli Model Ponco

Masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak memperhatikan model jas hujan ketika pertama kali membeli. Padahal, model jas hujan juga dapat mempengaruhi fungsi dan keselamatan bagi para bikers.

Salah satunya adalah hindari membeli jas hujan model ponco. Soalnya, desain jas hujan tersebut mirip seperti jubah, kemudian bagian bawah jas hujan ponco bisa saja tersangkut di roda ataupun gir rantai sepeda motor. Selain itu, jas hujan model ponco dinilai kurang efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan.

Untuk itu disarankan memilih model jas hujan yang agak ketat atau merupakan setelan baju (atasan dan bawahan). Jas hujan model tersebut dinilai lebih rapat dan meminimalisir air masuk lewat celah kecil.

2. Pilih yang Nyaman Saat Dipakai

Jangan hanya dilihat dari model dan desainnya saja, namun juga perhatikan ukuran yang tepat sesuai badan kamu. Soalnya, jas hujan dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Apabila membeli jas hujan yang terlalu besar hal ini dapat menumpuk atau terlipat pada beberapa bagian. Jika dibiarkan jas hujan bisa saja tersangkut di roda maupun rantai sepeda motor.

Jangan juga membeli jas hujan yang terlalu kecil bahkan sampai ketat. Hal ini membuat ruang gerak kamu menjadi terbatas dan sangat berbahaya jika kamu memaksakan diri tetap berkendara.

3. Kualitas Jas Hujan

Hal yang juga penting sebelum kamu membeli jas hujan adalah cek kualitasnya. Apabila jas hujan yang kamu lihat bahannya kurang baik, tentu penggunaan jas hujan tidak akan bertahan lama.

Misalnya, saat kamu memilih sebuah jas hujan dengan bahan parasut, hal ini membuat pengendara merasa kepanasan dan tidak nyaman ketika bergerak dan bernapas. Ada juga jas hujan dengan bahan plastik yang tentu tidak akan awet karena mudah sobek.

Disarankan untuk membeli jas hujan dengan bahan coating glossy atau bahan bening yang anti embun, sebagai contoh jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap.

4. Pilih Jas Hujan Berwarna Terang

Satu hal lagi dalam memilih jas hujan adalah pilih yang berwarna terang atau mencolok. Hal ini agar dapat membantu pengendara lain melihat keberadaan kamu, terutama saat berkendara di malam hari dalam kondisi hujan deras.

Ada banyak pilihan warna jas hujan yang tersedia di pasaran, namun usahakan memilih warna seperti hijau, kuning, oranye, atau merah menyala. Lebih bagus lagi jika membeli jas hujan yang dilengkapi dengan scotlite atau reflector.

Source: detik.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.