5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

BERITAPALANGKARAYA.COM – Bayam menyimpan nutrisi penting untuk tubuh. Oleh karenanya manfaat bayam sangat beragam. Untuk menurunkan berat badan hingga mencegah kanker.

Bayam salah satu sayuran yang umum ditemui di Indonesia. Biasanya orang Indonesia mengolam bayam sebagai sayur bening, campuran gado-gado, hingga keripik bayam yang renyah gurih.

Banyak juga yang mengolah bayam sebagai campuran salad. Bayam juga bisa dijadikan campuran smoothies yang sehat bersama buah atau sayur lainnya.

Dilansir dari Eat This (20/7), bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya juga tinggi berupa vitamin C, vitamin K, asam folat, iron, serat, dan kalsium.

Berikut 5 manfaat bayam bagi kesehatan, seperti dilansir detikcom.

1. Turunkan Berat Badan
Bayam diketahui mengandung kalori rendah. Oleh karenanya, bayam banyak dikonsumsi untuk diet. Biasanya dijadikan salad ataupun smoothies.

Sebuah penelitian pada 2014 yang diterbitkan oleh ‘Appetide’ menemukan kalau 38 partisipan wanita dengan kelebihan berat badan diberikan minuman yang mengandung ekstrak bayam. Dalam penelitian tersebut, terbukti adanya pengurangan nafsu makan hingga 95% dan 43% kehilangan berat badan.

Bayam juga mengandung serat dan zat antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat melancarkan pencernaan setiap harinya dan metabolisme tubuh bisa bekerja secara baik.

2. Turunkan Tekanan Darah
Penyakit darah tinggi bisa membahayakan kesehatan. Namun kamu bisa mengatasi tekanan darah tinggi ini dengan cara alami. Salah satunya mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Bayam bisa menjadi salah satu sayur yang baik dikonsumsi untuk penderita darah tinggi. Karena mengonsumsi bayam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition Research, bayam bisa menurunkan tekanan darah. Terlihat pada subjek penelitian yang mengonsumsi sup bayam selama 7 hari dan mengalami penurunan tekanan darah sistolik mereka.

3. Cegah Risiko Penyakit Jantung
Tak hanya tekanan darah tinggi yang bisa dicegah dengan mengonsumsi bayam, tapi juga risiko penyakit jantung. Karena bayam mengandung nitrat yang tinggi. Hal ini telah dibuktikan dari sebuah penelitian.

Menurut penelitian tahun 2021 yang diterbitkan dalam European Journal of Epidemiology menemukan bahwa mengonsumsi bayam sebanyak 1 cangkir per hari dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit arteri perifer sebanyak 26%. Penyakit jantung yang bisa dicegah seperti serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke.

4. Tingkatkan Kesehatan Mata
Kesehatan mata pada orang tua cenderung berkurang, terlebih pada penglihatan mereka. Kebanyakan orang hanya mengetahui kalau wortel yang dapat menyehatkan mata, namun bayam juga bisa dikonsumsi sebagai alternatif.

Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Invertigative Ophthalmology & Visual Science. Penelitian itu memiliki partisipan sebanyak 380 pria dan wanita berusia antara 66 dan 78 tahun.

Bayam mengandung zat lutein dan zeaxanrhin yang memiliki banyak antioksidan untuk menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula. Kamu bisa mengonsumsi bayam mentah secara rutin untuk meningkatkan kesehatan mata.

5. Cegah Risiko Kanker
Bayam bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah risiko kanker pada tubuh. Karena bayam mengandung zat lutein tinggi yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa 2.410 partisipan yang memiliki asupan lutein tinggi bisa mencegah kanker kolorektal. Asupan lutein itu tentunya berasal dari bayam. (mg1)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *