5 Manfaat Teh Sereh, Diantaranya Perkuat Imun Tubuh

BERITAPALANGKARAYA.COM   – Sereh yang biasa digunakan untuk bumbu masakan dan racikan teh herbal yang menyehatkan. Teh sereh menyimpan beragam manfaat, salah satunya untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Sereh atau serai merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan untuk masakan Indonesia. Biasanya untuk membumbui ayam ungkep kuning, aneka tumisan, hingga menghilangkan aroma amis pada daging dan ikan.

Sereh memiliki aroma yang wangi kuat, tak heran jika digunakan sebagai bumbu. Selain itu, sereh juga banyak digunakan untuk membuat racikan minuman sehat. Salah satunya menjadi teh yang menyehatkan.

Dilansir dari Krishi Jagran (23/7), teh sereh menyimpan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari memperkuat kekebalan hingga kesehatan rambut dan kulit wajah.

Untuk menbuat teh sereh caranya mudah. Pilih batang sereh yang tua karena mengandung banyak minyak dan aromanya kuat. Rebus 500 ml air dengan 4-5 batang sereh yang sudah dibersihkan dan dimemarkan. Didihkan dengan api kecil beberapa saat hingga sereh lay. Saring dan nikmati selagi hangat. Bisa ditambahkan jeruk nipis dan madu, jika suka.

Berikut 5 manfaat teh sereh untuk tubuh, seperti dikutip dari detikcom:

1. Nutrisi Sereh

Sebelum membuah teh sereh, perhatikan juga kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sereh. Dilansir dari Very Well Fit (12/9/2018), sereh mengandung beragam mineral dan vitamin.

Untuk mineral yang terkandung di dalamnya berupa kalsium, potasium, magnesium, dan zat besi. Sedangkan vitaminnya berupa vitamin A dan vitamin C. Sereh juga tinggi asam folat.

2. Memperkuat Imunitas Tubuh

Di tengah pandemi Covid-19, tubuh dituntut untuk tetap bugar. Oleh karenanya, asupan makanan sehat dan bergizi seimbang harus selalu disantap setiap hari. Banyak makanan yang tinggi zat antioksidan baik dikonsumsi secara rutin.

Salah satunya yang tinggi antioksidan adalah sereh. Bumbu dapur beraroma wangi ini mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini bisa menyebabkan turunnya imunitas pada tubuh.

Sereh bisa kamu jadikan teh herbal untuk memperkuat imunitas tubuh. Kamu bisa mengonsumsi satu gelas teh sereh secara rutin setiap pagi.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh sereh juga bisa dimanfaatkan untuk program diet. Karena, teh sereh yang dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori dalam tubuh.

Selain itu, teh sereh juga dapat membantu mengurangi sakit perut dan masalah kesehatan pencernaan lainnya. Teh sereh juga baik dikonsumsi untuk melindungi tukak lambung.

4. Mengurangi Kecemasan

Anxiety atau gejala kecemasan bisa timbul pada seseorag yang merasakan stres berlebih. Gejala ini bisa dikurangi dengan pengobatan medis ataupun cara alami.

Salah satunya dengan mengonsumsi teh sereh. Teh sereh ini bisa membuat tubuh rileks dan pikiran pikiran. Kamu bisa mengonsumsinya pada pagi dan sore hari. Selain teh sereh, minyak esensial aroma sereh bisa menghilangkan stres.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Sereh dipercaya mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Kadungan ini merupakan nutrisi yang paling penting untuk masalah kesehatan kulit dan rambut.

Kamu bisa mengonsumsi secara teratur untuk mencegah jerawat dan penyakit kulit. Teh sereh juga mengandung zat antibakteri dan antimikroba yang efektif untuk mengurangi ketombe dan gatal pada kulit kepala. (mg1)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *