7 Buah Tinggi Serat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

BERITAPALANGKARAYA.COM – Konsumsi serat sangat dibutuhkan dalam penurunan berat badan. Tujuh buah tinggi serat ini disebut ampuh membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Serat merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan. Mulai dari menjaga agar menampilkan hingga membantu menurunkan berat badan. Kesehatan saluran pencernaan memang diketahui sangat bermanfaat dengan konsumsi serat yang tercukupi.

Serat bisa didapatkan dengan berbagai asupan bahan makanan alami utuh. Misalnya seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar atau biji-bijian utuh seperti gandum. Menurut standar gizi BPOM, asupan minimal serat yang harus dikonsumsi orang dewasa adalah 25 gram pada wanita dan 38 gram pada pria dewasa.

Dari batas harian asupan serat yang ditentukan, melalui penelitian selama 40 tahun belum ditemukan bahwa rata-rata orang sudah memenuhi asupan serat yang mencukupi. Berdasarkan temuan para peneliti, rata-rata orang dewasa hanya mengonsumsi serat sebanyak 25 hingga 29 gram per hari.

Berikut ini 7 buah tinggi serat untuk bantu turunkan berat badan menurut Byrdie (18/8), seperti dikutip dari detikcom.

1. Mangga
Buah eksotis yang harum aromanya memiliki manfaat secerah warna. Mangga yang biasa ditemukan di Indonesia dengan sangat mudah ternyata mengandung hingga 5,4 gram serat yang membuatnya masuk ke dalam kategori buah tinggi serat yang pasti.

Tetapi perlu diwaspadai karena kandungan gula dalam sebuah mangga juga cukup tinggi. Jika ingin mendapatkan manfaat dari kandungan seratnya yang sebaiknya tidak mengonsumsi mangga terlalu banyak. Walaupun bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan kulit, tetapi tetap perhatikan jumlah asupannya.

2. Pir
‘Saudara kembar’ apel yang sama-sama tinggi kandungan airnya ini juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan yang sangat baik. Buah pir juga termasuk ke dalam daftar buah-buahan tinggi serat yang direkomendasikan ahli.

Dalam sebuah pir terkandung hingga 5,5 gram serat. Untuk memaksimalkan asupan serat para ahli menyarankan untuk menggabungkan buah bir bersamaan dengan sayuran-sayuran hijau agar menambahkan kandungan seratnya.

3. Jambu Biji
Jambu biji merupakan buah eksotis yang bisa ditemukan dengan banyak di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang juga sudah mengetahui fungsi dan manfaat jambu biji untuk kesehatan.
Mulai dari membantu meningkatkan trombosit hingga memenuhi kebutuhan serat harian yang direkomendasikan oleh ahli gizi. Dalam sebuah jambu biji diketahui terkandungan 3 gram serat yang membuatnya menjadi sempurna jika ingin ditambahkan dalam menu sarapan di pagi hari.

4. Belimbing
Bukan hanya rasanya yang segar mampu mengatasi dahaga atau rasa haus, belimbing juga memiliki kandungan gizi yang baik. Bagi kamu yang sedang menjalankan diet atau program menurunkan berat badan sebaiknya tambahkan buah belimbing ke dalam daftar menu diet.

Buah berbentuk bintang ini ternyata mengandung hingga 3 gram serat per buahnya. Cara konsumsinya yang tidak sulit membuat belimbing direkomendasikan oleh ahli untuk dinikmati di waktu luang maupun sebagai pengganti camilan yang lebih sehat.

5. Apel
Buah ajaib ini memang paling dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pada sebuah apel berukuran sedang mengandung hingga 4,5 gram serat di dalamnya.

Kandungan serat yang ada dalam apel tersebut jika dihitung-hitung telah memenuhi 20% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan para ahli gizi. Jika tidak ingin membuang kandungan seratnya, sebaiknya konsumsi apel tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

6. Alpukat
Buah yang satu ini memang dikenal memiliki kandungan lemak sehat yang begitu baik. Lemak sehat yang ada di dalam alpukat juga seringkali menjadi gizi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan.

Tidak hanya lemak sehat, ternyata alpukat juga mengandung hingga 7,5 gram serat per buahnya. Cara penyajian alpukat juga bisa dilakukan dengan beragam. Mulai dari sebagai topping pada roti panggang hingga dinikmati langsung sebagai buah segar.

7. Jeruk
Kandungan vitamin C yang kaya pada jeruk ternyata tak hanya baik untuk kulit maupun imunitas tubuh semata. Konsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C seperti jeruk ternyata dikatakan oleh para ahli sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

Jeruk dapat memberikan asupan serat hingga 2,5 gram per buahnya. Kandungan seratnya akan bertambah lagi jika disajikan sebagai campuran salad yang digabungkan dengan buah-buahan atau sayuran lain. Atau serat dalam jeruk juga bisa didapatkan dengan meminum jusnya bersama dengan bulir-bulir jeruk. *

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *