Kembali Adakan Pengabdian, Dosen STISIP Adakan Pelatihan Jurnalistik dan Tahapan Pembuatan Skripsi

BERITAPALANGKARAYA.COM, PEKANBARU — Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, Salisma Group bersama Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik (Stisip) Persada Bunda dan YMIMD (Young Muslim International Direct Marketing) mengadakan acara pelatihan jurnalistik di Rotte Bakery Jalan Pepaya Kota Pekanbaru.

Pelatihan jurnalistik ini juga merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang rutin dilakukan Dosen Stisip Persada Bunda setiap semesternya. Acara ini dibuka langsung oleh MC dan diisi oleh narasumber Hari Jummaulana, M.I.Kom, Debby Kurniadi, M.I.Kom dan Hefri Yodiansyah, S.Sos., M.I.Kom selaku dosen Stisip Persada Bunda.

Wartawan merupakan sebuah profesi dimana untuk menjadi seorang wartawan harus profesional harus mematuhi kode etik jurnalistik. “Menjadi seorang wartawan merupakan suatu profesi yang mana wartawan ini juga harus mematuhi kode etik jurnalistik dan wartawan ini juga memiliki standar perilaku untuk menjadi seorang wartawan,” ujar Debby sebagai narasumber, Kamis (03/03/2022).

Hari Jummaulana juga menambahkan, seorang jurnalis harus memperbanyak ilmu pengetahuan dan dituntut untuk memahami suatu hal yang terjadi. “Jika kita turun ke lapangan atau liputan yang akan bertemu dengan narasumber, maka kita harus perbanyak membaca, perluas wawasan, dapat menguasai bahan atau persoalan yang terjadi sehingga kita dapat menggali lebih informasi dari narasumber yang akan kita wawancara,” tandasnya.

Untuk menulis sebuah berita, tentunya sudah harus memahami kaidah-kaidah penulisan yang berupa 5W dan 1H sehingga tulisan yang dihasilkan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Yang paling mendasar dalam sebuah berita itu harus sudah memahami kaidah-kaidah penulisan yang berupa 5W dan 1H. Jika sudah dapat memahami nya tentunya nanti akan lebih mudah untuk menulis berita,” ungkap Hefri sebagai narasumber.

Dalam kegiatan yang berlangsung 1 hari ini terbagi menjadi 2 sesi dimana sesi kedua membahas tentang tahapan persiapan proposal penelitian untuk skripsi. Adapun narasumber sesi ke dua ini diisi oleh Sartika, S.Sos., M.I.Kom selaku pemateri pertama, Susi Artuti Erda Dewi, S.Sos., M.Si. sebagai pemateri kedua dan Maal Abrar, M.I.Kom pemateri ke tiga.

“Alhamdulillah, Pengabdian Kepada Masyarakat yang kami laksanakan hari ini ada dua sesi dengan topik yang berbeda. Dan alhamdulillah berjalan lancar dan terlihat dari peserta sangat antusias,” ungkap Sartika usai memberikan materi.

Lebih lanjut dikatakan Sartika, kami ucapkan terima kasih banyak terhadap panitia yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan PKM ini dan pihak pihak yang telah mendukung dalam mensukseskan acara ini. “Semoga kedepan dapat konsisten melakukan kegiatan kegiatan seperti ini tentunya dengan topik topik yang lebih menarik lagi bagi peserta,” harap Sartika.

Dari peserta yang hadir sekitar 30 orang ini tampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan bari dari sesi pertama hingga sesi kedua. Selain itu juga acara tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada kegiatan pelatihan ini juga turut didukung beberapa media online seperti salisma.com, ekonomipos.com, sawitplus.com, medialokal.co dan lainnya. (rls)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.