Mie instan dan Soda, Inilah Makanan Pemicu Asam Lambung

BERITAPALANGKARAYA.COM – Pemicu asam lambung naik tak hanya dari pola hidup yang buruk, seperti stres, begadang, dan lainnya, tetapi juga bisa berasal dari makanan yang kurang sehat.

Apabila asupan makan yang masuk ke dalam tubuh tidak diperhatikan dapat memicu asam lambung tinggi dan mengakibatkan penyakit mag.

Jika sudah terjadi, pengidap disarankan untuk meminum air putih atau obat antasida untuk mengendalikan produksi asam lambung.

Makanan Pemicu Asam Lambung Naik
Lantas, makanan apa saja yang dianggap sebagai pemicu asam lambung naik? Simak informasi berikut.

1. Terlalu Banyak Daging
Makanan pemicu asam lambung naik adalah daging-dagingan yang terlalu banyak dikonsumsi dalam waktu singkat.

Akibatnya, makanan ini dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Kondisi pun bisa semakin parah apabila daging diolah dengan bumbu tajam.

2. Mi Instan
Mi instan juga termasuk makanan pemicu asam lambung naik meskipun sangat populer dikonsumsi oleh masyarakat.

Bagi pengidap penyakit mag, disarankan lebih berhati-hati untuk mengkonsumsi makanan ini lantaran kandungan garam tinggi yang tak baik untuk lambung.

3. Makanan Pedas
Makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang dianggap sebagai pemicu asam lambung naik. Itu mengapa pengidap mag sebaiknya hindari makanan pedas bila tak ingin penyakitnya kambuh.

4. Buah Asam dan Soda
Makanan pemicu asam lambung naik berikutnya adalah buah asam dan soda. Pasalnya, buah asam seperti jeruk, lemon, hingga nanas memiliki kandungan asam yang bisa memperburuk asam lambung. Begitu juga sama halnya dengan minuman soda.

5. Makanan Tinggi Lemak
Makanan tinggi lemak juga termasuk sebagai pemicu asam lambung naik. Pasalnya, makanan berlemak dan digoreng akan mengalami pencernaan yang lebih lambat, sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung untuk membantu mencernakannya.

Source: detik.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.