Pengguna Instagram Bisa Bagi Link di Stories Pakai Stiker, Begini Caranya

BERITAPALANGKARAYA.COM – Instagram mengumumkan bahwa fitur Link Sticker kini tersedia untuk semua pengguna. fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan atau URL di Stories menggunakan stiker.

fitur ini sudah diuji coba sejak bulan Juni, tapi hanya terbatas untuk akun yang sudah memiliki centang biru atau akun dengan banyak pengikut. Sejak akhir Agustus, fitur Link Stickers secara resmi mengaktifkan fitur ‘Swipe Up’.

Baik fitur Link Stickers maupun Swipe Up sebelumnya hanya tersedia untuk akun yang sudah terverifikasi atau yang memiliki minimal 10.000 pengikut, seperti akun bisnis dan kreator yang ingin mengarahkan pengikutnya ke situs atau produk jualan mereka, membaca artikel, dan lain-lain.

Instagram mengatakan bahwa mudah berbagi tautan di Stories akan sangat membantu semua jenis akun, karena mereka juga menyediakan fitur ini untuk semua pengguna yang ingin berbagi tautan di Stories.

“Kami membuat kebijakan ini berdasarkan feedback yang kami dengar dari komunitas tentang seberapa besar manfaatnya bagi kreator konten dan bisnis segala untuk tumbuh seperti akun akun yang lebih besar,” kata Instagram dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (29/10/). 2021).

Dikutip dari detikcom, cara membagikan link di Instagram Stories menggunakan stiker mudah saja, yaitu:

  1. Upload konten foto atau video ke Instagram Story.
  2. Ketuk ikon stiker yang ada di bilah navigasi bagian atas.
  3. Ketuk stiker ‘Link’ yang ada di menu pop-up.
  4. Masukkan tautan atau URL yang ingin dibagikan lalu ketuk Selesai.
  5. Tempatkan stiker di Story kalian sesuai keinginan, dan ketuk stiker jika ingin melihat variasi warnanya.

Meski fitur ini sudah digulirkan ke semua pengguna, bukan berarti semua pengguna Instagram bisa mengakses fitur ini. Akun baru, akun yang sering membagikan misinformasi dan ujaran kebencian, dan akun yang melanggar pedoman komunitas tidak akan bisa menggunakan fitur Link Sticker.

Instagram mengatakan langkah ini diambil sebagai upaya untuk membatasi konten berbahaya di platform-nya. Sebelumnya Instagram memang mengatakan keputusan untuk membagikan fitur Link Sticker kepada semua pengguna diambil dengan sangat hati-hati karena bisa mempengaruhi keamanan dan integritas platform.

Sayangnya, Instagram saat ini belum memungkinkan pengguna untuk membagikan link lewat postingan di Feed. Karena itu layanan ‘link in bio’ seperti Linktree masih menjadi pilihan banyak kreator dan bisnis. *

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.